NUOVA BAND

 

 

 

Nuova Band merupakan band yang baru saja merilis Debut album pertamanya yang bertajuk “ROCK THE WAY”, band ini awalnya berdiri di tahun 2010 dan akhirnya memulai dengan Formasi baru di tahun 2012. Band ini di motori oleh Willy WT sebagai Vokalis, Hendry Halim sebagai Gitaris, dan Hendrik Wijaya sebagai Drummer. Hadir dengan menggunakan nama NUOVA yang berasal dari bahasa Italy yang berarti “BARU” dengan harapan bisa menyajikan sesuatu yang baru untuk penikmat musik Indonesia.


1. Mari kita bahas album terbaru NUOVA, ceritakan proses penggarapannya, bagaimana kalian merangkainya sehingga menjadi sebuah album?

Dari awal perjalanan kita, yaitu tahun 2012 memang sudah berniat membuat album, sudah ada 3 lagu yang sudah lama dibuat oleh beberapa  personil dan untuk lagu-lagu baru lainnya memang prosesnya bertahap dari satu lagu ke lagu lain.. proses penggarapan tidak dengan jam session tapi beberapa personil yang bisa menulis lagu akan Menulisnya masing-masing, dimana nada, lirik, dan gambaran aransemennya sudah benar-benar jadi satu lagu utuh lalu baru kita kumpul dan melakukan workshop, lagu yang sudah jadi, akan coba dinyanyikan oleh vokalis, merubah chord yang pas agar nyaman di nyanyikan oleh vokalis, kita revisi apa yang kurang atau menghilangkan bagian yang kira2 tidak terlalu cocok, kemudian proses selanjutunya kita masuk studio untuk melatih khusus lagu tersebut, dari merangkai tema, syncop, Solo Part, bass line, beat & fill in drum, lebih mematangkan lagi aransemennya. dan tidak menutup kemungkinan terkadang ada pengembangan dan ide baru saat recording. Take semua instrument & vocal dilakukan hari itu juga.. jadi biasanya siang masuk take. malam atau subuh lagu tersebut sudah rampung. Lalu bulan depannya kita mulai mengerjakan lagu lainnya dengan cara yg sama, demikian juga seterusnya dengan lagu lainnya sampai jadi 1 album ini. Untuk sementara ini proses penggarapan ini cukup favorit buat kita karena cukup efisien & efektif.

2. Target utama kalian menggarap "Rock The Way"?
Target kita ingin album ini bisa dinikmati, dikenal, dinyanyikan oleh pecinta musik dimanapun mereka berada.. sampai dampaknya pasti bikin kita bisa manggung kemana-mana dengan penonton yg selalu mau nonton kita & hafal  menyanyikan semua lagu2 di album rock the way  ini, itu mimpi kita.. mimpi anak band banget pastinya. target kita itu sih. kalo target itu tercapai sudah pasti akan memotivasi kita utk terus berkarya, bikin album ke-2,3,4,5 dan seterusnya.

3. Dari sisi gitar, menurut Anda apa yang membuat album ini menonjol?

Saat didengar memang album ini lebih terdengar modern Rock, dan biasanya lagu2 modern Rock lebih banyak Riff daripada Lead Guitarnya, tapi di Album Rock The Way ini, Hampir di Setiap Lagu Memiliki Lead Guitar ala permainan Rock dari Hendry Halim. Karena kita Merasa bahwa Lead Guitar merupakan urat nadi sebuah lagu yang harus tetap ada agar sebuah lagu tetap terdengar istimewa, untuk sisi menonjolnya adalah urusan Sound yang di olah secara detail memadukan antara American High Gain dan British Crunch yg membuat album ini berasa seperti "Indonesia Rasa Bule".

4. Inspirasinya dari mana saja?
Inspirasi kita sangat Luas, kita typical pendengar berbagai macam musik, justru kita malah mendapatkan banyak Ide bukan dari band-band famous, banyak dari soundtrack film, dan lain lain.
Namun Secara musikalitas memang ada beberapa band yg cukup meng-inspirasi kita seperti Foo Fighters & Muse.

5. Dari sisi gaya gitar dan struktur lagu, penekanan apa yang Anda suguhkan?

Untuk pekananan yg kita suguhkan adalah permainan Chord yang lebih luas supaya Nuansa yg tersaji lebih lebar dan Megah, di Lagu2 balade kami seperti Makna, Song For peace dan Funny Game Chord yg disajikan cukup unik menggunakan beberapa Modulasi dan Progressi Chord, kita mengeksplorasi Slash Chord di Rhytem2 High Gain agar terdengar berbeda. Untuk Rhytem Section yaitu drum dan Bass kita banyak memasukan unsur Japanese Rock agar terdengar dinamika dan Energy nya...

6. Pendekatan dalam menulis part solonya bagaimana?

Untuk Part Solo Gitar di Album Rock The Way ini, hendry halim membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan yang dia inginkan, berusaha menampilkan gayanya sendiri tanpa mengakses gaya-gaya Gitaris lain, agar terdengar Original.

7. Di lagu mana saja Anda merasa paling kreatif dan eksplor?

Dari explorasi hampir disetiap lagu kita bekerja keras dalam aransemen dan pemilihan Sound. Tapi jika di tanya kreatif kita merasa paling Kreatif di lagu Sahabat, Move on, song for peace dan Win. Tapi untuk opini beberapa penikmat musik ada di lagu lainnya...

8. Deskripsikan jenis musik Nuova?

Musik rock modern, dengan sedikit nuansa rock alternative 90an. Persentasenya lebih banyak modern rock tentunya. Makanya di profile kita, kita menyebutnya rock alternatif, tapi kembali kita luruskan rock alternatif itu luas dan bukan berarti pasti grunge.. karena ada beberapa orang begitu dengar kata rock alternatif langsung bilang  "wuiihh mantap!!grunge dong?!"..padahal gak begitu juga. grunge lebih spesifik.. baik dari segi tema lirik,sound dan sebagainya. untuk NUOVA deskripsinya yg lebih pas ya mungkin modern rock alternative.

9. Deskripsikan karakter sound yang Anda  mainkan?

Untuk karakter Sound yang kita hasilkan di album "Rock The Way" ini di dominasi oleh "American High Gain" namun saat mengisi Tema-tema, Fill - fill banyak juga Explorasi di British Clean untuk mendapatkan Chime Clean sound, lalu ada di beberapa lagu juga Sound2 british Overdrive, dan banyak memaksimalkan Twangy Sound agar terdengar dinamika dan Luas, namun tetap berkarakter.

10. Formula apa yang Anda terapkan saat rekaman gitar (direct atau micing)? Gear apa saja yang Anda gunakan (gitar, ampli, efek)? Routingnya bagaimana?

Pertama untuk gear, Hendry halim menggunakan banyak sekali Gitar untuk mengeksplor soundnya di Album ini, untuk Sound High Gain dia menggunakan  Gibson Les paul Custom tahun 1989, lalu PRS Single Cut anniversary dan Ibanez premium S970CW, untuk Acoustic Guitar dia menggunakan Takamine Guitars dan Crafter Guitars.

Untuk amplifier Menggunakan perpaduan Mesa Boogie Single Rectifier, Peavey 5150 dan Vox AC15C1, untuk Cabinet menggunakan Marshall 1960B.

Untuk Efek unit tidak terlalu banyak digunakan, karena lebih banyak Explorasi di Sound natural Gitar dan Amplifier. Tapi tetap ada yang di gunakan seperti Wah wah Pedal dari Morley Bad Horsie 2, lalu Pedal Overdrive dari HBE Power screamer, dan Xotic EP booster.

Untuk Sound delay, Reverb, Modulasi banyak menggunakan Plug In dan Rack Efek yg tersedia di Studio...

System yang di Gunakan saat Take Electric Guitar adalah : Menggunakan Todong Mic menggunakan 2 buah Mic, Yang 1 di pasang secara on Axis di cabinet Kanan Atas lalu 1 nya lagi di pasang dengan jarak 1 meter di depan Cabinet. Untuk mendapatkan sound ambience ruangan yang real.

Sedangkan untuk acoustic Guitar hendry halim selalu menggunakan sistem todong dengan 2 buah Mic yg di pasang di depan Fret 12 Gitar dan di depan Soundhole Guitar...