MENGENAL BRIDGE / TREMOLO PADA GITAR

 

 

Disusun oleh : Hendry soulguitar

Gitar memiliki banyak bagian penting, salah satu nya adalah bagian Bridge. Bagian ini memiliki fungsi sangat krusial karena Bridge adalah tempat terpasang nya senar dan juga sebagai tempat untuk mengatur tinggi/rendah nya Action senar pada gitar.

Pada umumnya Bridge pada gitar ada 2 jenis yaitu Non Vibrato yaitu Fixed bridge (tune o matic), ada juga Vibrato Yaitu Vintage tremolo (bergerak Down saja) dan Floating tremolo (bergerak up/down).

1. Fixed Bridge (tune o matic)

Fixed bridge merupakan Bridge gitar yang paling simple tapi sangat mudah dalam instalasi nya, selain aman dalam tuning Bridge type ini juga memberikan kemudahan buat para gitaris dalam mengganti senar.

Banyak gitaris dunia yang menyukai gaya bridge ini contoh nya Slash, Zakk wylde, Mark tremonti, Jimmy page, Joe Perry dll, karena Fixed bridge identik dengan gitar model Les paul.

2. Vintage Tremolo

Model Bridge yang satu ini di populerkan melalui gitar Model Stratocaster, Vintage Tremolo ini menggunakan Whammy bar atau yang biasa kita sebut Handle untuk Vibrato dan beberapa Per (Pegas) di taruh bagian belakang gitar.

Pada saat kita menggunakan Whammy Bar, Bridge ini hanya bergerak Down saja, maka nya Vintage tremolo lebih cenderung di gunakan untuk Vibrato, agar dapat menghasilkan gaya-gaya permainan gitar seperti Jeff Beck, Eric Johnson, Andy Timmons dll.

3. Tremolo Up/Down

Type Bridge yang satu ini paling sering di gunakan oleh gitaris-gitaris Virtuoso seperti Eddie Van Halen, Joe Satriani, Steve Vai dll. Karena Tremolo up/down selain bisa berfungsi sebagai Vibrato type bridge yang satu ini punya banyak keunggulan lain nya yaitu para gitaris bisa menimbulkan efek-efek suara seperti Dive Bomb, artificial Harmonics, Elephant sound, dll.

Jika anda menggunakan Bridge jenis ini anda dapat menggerakan Whammy bar nya ke bawah (Down) dan bisa juga ke atas (up).

 Adapun beberapa kesulitan pada saat menggunakan Bridge ini terutama pada saat pemasangan senar dan Tuning membutuhkan waktu yang cukup lama jika belum terbiasa.